Rumahku Surgaku

Keluarga Sakinah Mawaddah wa Rohmah

5 Tips Berkomunikasi dengan Anak

Posted by Farid Ma'ruf pada Juni 27, 2019

Komunikasi yang intensif antara anak dengan orang tua adalah perkara yang sangat penting. Orang tua harus tahu alam berpikir anak sehingga mengetahui jika anak ada masalah. Jangan sampai orang tua baru menyadari masalah anak ketika masalahnya sudah besar.

Berikut ini beberapa tips berkomunikasi dengan anak yang bisa Ayah Bunda lakukan :

Pertama, Jaga Kontak Mata dengan Anak.

Sebagai orang tua, kita harus menjadi pendengar yang baik. Jangan lewatkan apa pun yang anak katakan. Buat anak merasa dihargai dan diapresiasi sehingga tidak segan untuk berkomunikasi dengan kita. Misalnya saja anak sepulang sekolah bercerita tentang temannya yang terlambat masuk kelas. Simaklah cerita anak dan berikanlah tanggapan yang tepat.

Kedua, Bangun Kedekatan Emosi dengan Anak, bukan Ketakukan.

Orang tua harus bersikap memotivasi anak sehingga anak mau melakukan sesuatu yang kita kehendaki. Tidak tepat jika orang tua justru menekan anak sehingga anak melakukan sesuatu hanya karena takut dimarahi orang tuanya.

Ketiga, Ucapkan Kata Tolong dan Terima Kasih.

Sebagai orang tua, kita tentu sering menyuruh anak untuk melakukan sesuatu, misalnya mengambil suatu barang. Hormatilah anak dengan mengucapkan kata tolong ketika menyuruhnya. Setelah anak melakukan sesuatu yang kita minta, ucapkanlah terima kasih. Komunikasi dengan anak akan terbangun dengan baik jika kita mencontohkan berlaku baik. Diharapkan anak pun akan meniru hal ini ketika ia meminta sesuatu.

Keempat, Sering Berbagi Cerita dengan Anak.

Tidak selalu harus anak yang harus memulai bercerita. Ayah Bunda juga bisa memulai terlebih dahulu bercerita dengan anak, misalnya dalam perjalanan pulang tadi Ayah kehujanan di jalan. Dengan membuka obrolan dengan anak, maka kedekatan dengan anak bisa terbangun.

Kelima, Jangan Merendahkan Anak.

Selalu pilih kata-kata yang baik saat berkomunikasi dengan anak. Kata-kata yang buruk akan mempengaruhi psikologis anak, juga membuat jalinan komunikasi menjadi tidak baik. Misalnya, anak mengingatkan orang tuanya bahwa merokok itu tidak baik, kata ibu guru di sekolah, merokok berbahaya untuk kesehatan. Berikanlah apresiasi dan ucapan terima kasih kepada anak karena sudah mengingatkan. Jangan justru merendahkan anak dengan misalnya mengatakan : “Ah, kamu masih anak kemarin sore saja, kamu belum tahu kehidupan.”

Demikian beberapa tips berkomunikasi dengan anak. Semoga bermanfaat. (Tim Karimawww.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : bit.ly/kelas-edukasiuntuk bergabung. GRATIS.

Sumber : https://karimafood.com/5-tips-berkomunikasi-dengan-anak/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: