Rumahku Surgaku

Keluarga Sakinah Mawaddah wa Rohmah

Mudik Nyaman Bersama Bayi dan Balita

Posted by Farid Ma'ruf pada Juni 3, 2019

Hai Bunda. Apakah sudah dalam perjalanan mudik? Membawa bayi dan balita ketika perjalanan mudik bukan perkara mudah ya. Bayi dan balita bisa rewel, menangis, bahkan sakit dalam perjalanan. Waktu tempuh yang lama, udara yang gerah, atau justru terlalu dingin karena AC, bisa membuat bayi dan balita merasa tidak nyaman. Wajar jika mereka rewel selama perjalanan. Tentu hal ini bisa membuat Bunda merasa capek dan mungkin juga terkuras emosinya.

Lantas, bagaimana agar perjalanan mudik dengan membawa bayi dan balita bisa tetap nyaman? Persiapan apa saja yang dibutuhkan?

Pertama, sebelum perjalanan, pastikan semua orang yang ikut mudik sehat. Perlu makanan bergizi dan menukupi kebutuhan nutrisi mereka. Bayi sebaiknya diberikan MPASI yang baik sehingga tetap sehat dan kuat. Balita bisa diberikan makanan lauk bergizi misalnya teri.

Kedua, komunikasikan kepada balita (yang sudah mulai bisa diajak bicara) tentang waktu tempuh perjalanan. Berapa lama, kondisinya seperti apa, kendaraan yang digunakan, dan aturan yang berlaku selama perjalanan. Misalnya, bagaimana jika di perjalanan ingin pipis, dan lain sebagainya.

Ketiga, persiapkan kebutuhan bayi dan balita selama perjalanan. Diantara hal-hal yang perlu disiapkan adalah :

  1. Popok celana. Siapkan stock tambahan agar tidak kehabisan di jalan.
  2. Alas anti air. Ini digunakan untuk alas ketika Bunda sedang mengelap si kecil.
  3. Lap dan Tissue basah untuk membersihkan si kecil, juga untuk cuci tangan.
  4. Tas plastik beberapa buah, digunakan untuk tempat sampah bekas popok yang kotor, baju kotor, juga tempat muntahan jika ada yang muntah.
  5. Jaket, selimut, dan kaos kaki agar si kecil tidak kedinginan karena AC.
  6. Perlengkapan mandi si kecil.
  7. Botol minum, tempat makan, dan peralatan makan si kecil.
  8. Makanan ringan kesukaan si kecil, misalnya Keju Slice Crunchy
  9. PPPK
  10. Car seat jika diperlukan.
  11. Dan peralatan lain yang sekiranya dibutuhkan.

Keempat, siapkan mainan untuk si kecil. Perjalanan yang panjang bisa membuat si kecil bosan. Maka siapkanlah mainan kesukaan si kecil agar mereka riang dan lupa waktu perjalanan yang lama. Usahakan mainan tersebut dimensinya kecil dan tidak membuat suara gaduh. Khususnya jika menggunakan kendaraan umum, agar tidak mengganggu penumpang lainnya.

Kelima, bawa makanan MPASI terbaik untuk si kecil. Pastikan makanan tersebut dijamin sehat dan halal. Bubur bayi Karima yang halus dan lembut bisa menjadi alternatif makanan yang sehat dan disukai si kecil.

Keenam, pikirkan dengan baik kendaraan transportasi yang digunakan. Apakah menggunakan mobil, bus umum, kereta api, atau pesawat? Pilihlah yang lebih efisien waktu, serta ada tempat yang memungkinkan anak buang air, dan istirahat.

Ketujuh, jaga emosi kedua orang tua dengan baik. Upayakan kedua orang tua dalam kondisi bahagia, tidak terburu-buru, dan panik selama perjalanan. Emosi anak bisa sangat terpengaruh emosi kedua orang tuanya.

Demikianlah Bunda beberapa tips agar perjalanan mudik Bunda bersama keluarga aman dan lancar tanpa kendala. Semoga bisa sampai kampung halaman dengan selamat tanpa suatu halangan apapun. Selamat berlebaran bersama keluarga besar. (www.baitijannati.wordpress.com)

Sumber : https://karimafood.com/mudik-nyaman-bersama-bayi-dan-balita/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: