Rumahku Surgaku

Keluarga Sakinah Mawaddah wa Rohmah

Menjadikan Keluarga Gemar Membaca

Posted by Farid Ma'ruf pada Januari 19, 2011

baitijannati — Buku adalah jendela ilmu. Membaca adalah kuncinya. Jadikan keluarga gemar membaca, dimulai dari orang tua. Tanamkan kebiasaan membaca sejak dini. Tak ada kerugian sedikitpun atas kegemaran membaca. Dengan catatan, buku yang dibaca memberi pencerahan positif. Berikut ini beberapa tips untuk menciptakan kegemaran membaca, khususnya anak-anak.

1. Bacakan buku sejak anak lahir
Kenalkan dengan buku sedini mungkin, sejak anak masih bayi, bahkan ketika masih di dalam kandungan. Berdasarkan penelitian, bayi yang terbiasa diajak berkomunikasi dan dibacakan cerita (bahkan sejak di dalam kandungan) akan punya kemampuan bahasa lebih tinggi dibandingkan bayi yang didiamkan saja. Jadi, jangan tunggu sampai anak bisa membaca sendiri.

2. Dorong anak bercerita
Anak sangat suka ketika diajak untuk mendiskusikan apa yang baru saja mereka baca atau kita ceritakan. Untuk mendorong anak Anda menceritakan kembali apa yang sudah dibacanya, Anda bisa mengajukan sejumlah pertanyaan dari apa yang telah dibaca. Selain itu, gunakan cara-cara kreatif, misalnya kalau kita sudah membacakan suatu buku, minta anak untuk gantian bercerita. Kalau dia tidak mau, gunakan ide lain, misalnya dengan merekam suaranya ketika bercerita. Hal tersebut akan membuat anak bersemangat.

3. Beli buku yang menarik minat anak
Sediakan buku-buku yang memberikan inspirasi, motivasi dan mengandung banyak faedah di rumah. Jika anak sudah punya selera soal buku, belikan yang memang diminatinya. Mungkin ia tertarik membaca karena pernah pinjam temannya. Buku mahal, tapi tak dibaca anak, tidak ada gunanya. Jadi, agar wawasan anak berkembang, tidak terpaku pada minat bacanya terhadap buku-buku tertentu, belilah dua buku, satu buku pilihan anak dan satunya tambahan pilihan Anda.

4. Ciptakan perpustakaan keluarga
Jika memungkinkan, buatlah perpustakaan keluarga di rumah. Tidak harus mewah dan lengkap, mulailah dari yang sederhana dulu. Kumpulkan buku anak dalam satu lemari khusus yang mudah mereka akses: tidak terlalu tinggi, tersembunyi, apalagi terkunci. Kalau perpustakaan belum memungkinkan, taruhlah buku di tempat yang mudah terlihat oleh anak. Seperti ruang tidur, ruang tamu, ruang main, teras, dan mobil.

5. Hilangkan penghambat
Batasi waktu menonton TV, main playstation atau internetan, supaya ada alokasi untuk membaca buku. Tayangan TV sering kali tidak sesuai untuk konsumsi anak.

6. Beri hadiah yang memperbesar semangat membaca
Beri hadiah setiap kali anak menyelesaikan bacaannya. Penghargaan bisa bersifat materi dan nonmateri. Jika anak bisa menyelesaikan sebuah buku dan menceritakan ulang dengan benar, berikan kata-kata positif. Bisa juga dihadiahi buku baru, atau benda-benda yang dibutuhkan anak.

7. Cari kesempatan membaca bersama
Kalau Anda orang tua yang sibuk, lima atau sepuluh menit setiap harinya untuk membacakan cerita kepada anak Anda akan sangat bermanfaat. Jika anak Anda sudah bisa membaca sendiri, Anda tinggal menemaninya membaca sambil Anda juga membaca buku favorit Anda.

8. Dramatisasi buku yang Anda baca
Ubahlah cara baca Anda ketika anak Anda kurang atau tidak tertarik dengan buku yang Anda bacakan untuknya. Tambahkan kosakata dan kalimat yang menarik dan dramatisasilah cerita yang sedang Anda bacakan, caranya dengan gerakan-gerakan tubuh, mimik muka dan intonasi suara. Anak-anak akan tertarik.[www.baitijannati.wordpress.com] kholda

Sumber : Tabloid Media Umat edisi 46

Iklan

Satu Tanggapan to “Menjadikan Keluarga Gemar Membaca”

  1. Edoh said

    Banyak baca, byk tahu.

    Aq jg suka mbaca…,
    He

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: