Rumahku Surgaku

Keluarga Sakinah Mawaddah wa Rohmah

SUAMI SETIA

Posted by Farid Ma'ruf pada Juli 16, 2007

Baitijannati. Suatu hari seorang nenek datang menemui Rasulullah SAW seraya bertanya “siapakah Anda wahai nenek?” Aku adalah Jutsamah al Muzaniah”, jawab wanita tua itu. Rasulullah SAW pun berkata : “Wahai nenek, sesungguhnya aku mengenalmu, engkau adalah wanita yang baik hati, bagaimana kabarmu dan keluargamu, bagaimana pula keadaanmu sekarang setelah kita berpisah sekian lama?”. Nenek itu menjawab : “Alhamdulillah kami dalam keadaan baik, terimakasih Rasulullah.”

Tak lama setelah nenek pergi meninggalkan Rasulullah SAW, muncullah Aisyah ra, seraya berkata : “Wahai Rasulullah SAW seperti inikah engkau menyambut dan memuliakan seorang wanita tua?” Rasulullah menimpali, “Iya dahulu nenek itu selalu mengunjungi kami ketika Khadijah masih hidup. Sesungguhnya melestarikan persahabatan adalah bagian dari iman.”

Karena kejadian itu Aisyah mengatakan : “Tak seorangpun dari istri-istri nabi yang aku cemburui lebih dalam selain Khadijah, meskipun aku belum pernah melihatnya, namun Rasulullah SAW seringkali menyebutnya. Suatu kali beliau menyembelih kambing lalu memotong-motong dagingnya dan membagikan kepada sahabat-sahabat karib Khadijah”.

Rasulullah SAW menanggapinya dan berkata : “Wahai Aisyah begitulah realitanya sesungguhnya darinya aku memperoleh anak”. Dalam kesempatan lain Aisyah berkata : “Aku sangat cemburu dengan Khadijah karena sering disebut Rasulullah SAW, sampai-sampai aku berkata “Wahai rasulullah SAW apa yang kau perbuat dengan wanita tua yang pipinya kemerah-merahan itu sementara Allah SWT telah menggantikannya dengan wanita yang lebih baik?” (maksudnya Aisyah –red bj) Rasulullah SAW menjawab : “Demi Allah SWT tak seorang wanita pun lebih baik darinya, ia beriman saat semua orang kufur, ia membenarkanku saat manusia mendustaiku, ia melindungiku saat manusia kejam menganiayaku, Allah SWT menganugerahkan anak kepadaku darinya.”

Itulah sepenggal kisah tentang kesetiaan hakiki, bukan kesetiaan semu. Kesetiaan imani, bukan materi. Kesetiaan yang dilandaskan rasa cinta kepada Allah SWT, bukan cinta nafsu syaithoni, kesetiaan suami kepada istri yang telah lama mengarungi rumah tangga dalam segala suka dan duka.

Kecantikan Aisyah ternyata tidak begitu saja memperdayakan Rasulullah SAW untuk melupakan jasa baik dan pengorbanan Khadijah, betapapun usianya yang lebih tua. Kesetiaan inilah yang membuat cendikiawan muslim Nahzmi luqo mengatakan : “Ternyata kecemburuan Aisyah tidak mampu melunturkan kesetiaan Nabi kepada Khadijah, kesetiaan yang diteladani para pasangan suami istri, sekaligus sebagai pukulan KO (Knock Out) untuk para pecundang kehidupan rumah tangga yang menjadi faktor penghambat terwujudnya masyarakat berperadaban.”

Kesetiaan… kesetiaan… sekali lagi kesetiaan merupakan sifat dan karakter setiap mukmin sejati. Bukan kesetiaan duniawi , tetapi kesetiaan ukhrowi. Kesetiaan khas dengan nilai-nilai Ilahi : “Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang beriman diri dan harta mereka dengan mahligai surga, mereka berperang di jalan Allah, mereka pun terbunuh atau membunuh. Adalah janji sejati atasNya di dalam kitab Taurat, Injil dan Al-Qur’an, siapakah yang lebih setia dari Allah SWT akan janjiNya. Bergembiralah dengan baiat (sumpah setia) yang kalian ikrarkan, itulah keberuntungan yang besar.” (At Taubah: 111)  (www.baitijannati.wordpress.com)

Tulisan ini pernah dimuat dalam Majalah Safina No.11 Tahun I, Februari 2004

About these ads

26 Tanggapan to “SUAMI SETIA”

  1. s1w1 said

    Kesetiaan yang diucapkan ataupun tidak diucapkan(dalam hati) hanya diri kita sendiri yang tahu karena kita sendiri yang akan menjalani.

  2. anggara said

    pesan yang bagus nih

  3. rianatn81 said

    suami setia..mmhmmh …mau dong..!!tapi harus setia dunia dan akhirat ok.

  4. icha said

    saya ingin punya suami yg setya.dan sayang sama saya.

  5. Ikhsan said

    Mau setia ah…

  6. budi pramunandi said

    Setia merupakan langkah nyata
    untuk kelanggengan rumah tangga

  7. kiki rezki said

    well.. untuk mendapatkan suami yang setia, jaman gini hari rada2 susah juga, tapi sebenarnya Allah tidak pernah menyia-yiakan usaha dari hambanya, maka nya coba untuk setia kepada diri sendiri, Insya Allah dapat suami setiap…

  8. pamuji said

    kehancuran rumahtangga karena 2 hal : selingkuh dan ketidakjujuran. ekonomi sulit pun kalo setia dan jujur, masih tetap bisa bertahan…

  9. nurlina said

    ya saya sangat setuju sekali dengan komentar Pamuji dalam keadaan apapun kesetiaan dan kejujuran adalah modal utama mencapai kehidupan RT bahagia

  10. kiki rezki said

    saya sangat setuju dengan pamuji… tapi banyak juga dari rekan-rekan yang saya kenal, suami dan istri setia, bercerai karena factor ekonomi.. sementara Allah sudah menjanjikan kepada setiap umatnya tidak akan kelaparan … so..

  11. Suami setia? alhamdulillah saya sudah mendapatkannya…
    suami rexona alias setia setiap saat dambaan para wanita dimanapun juga….

  12. laelan said

    kalau sdh jujur pasti deh setia,kl ada yg disembunyikan merupakan tanda-tanda perselingkuhan……dlm segi apapun….wahai lelaki syukurilah apa yg diberikan ALLAH padamu,jgn kau ingkari nikmat bila telah memiliki istri setia…maka hanya tinggal menunggu datangnya azab….

  13. cahya hidayati noor said

    doakan aku bs mendapatkn suami yg setia, krn ju2r menakutkn bged kl sampe ktmu atau berjdoh dg org yg g pnya kunci mobil! eh kunci setia mksdnya..

  14. Indria said

    Alhmdllah..semoga suamiku adalah suami setia pula, karna aku juga slalu setia padanya

  15. ema bicara said

    “Saya khawatir akan kesetiaan suami saya,apa krn harta yang ia miliki skrg. Saya ingin tetap setia,krn saya tulus menyayangi_y,tp bagaimna dgn rasa sakit ini?

  16. ikut saja……

  17. dewi tanwar said

    Kesetian akan lahir dari sikap seorang yang mempunyai rasa percaya sedang kepercayaan itu sendiri tumbuh karena seseorang terserbut mempunyai rasa cinta’tampa cinta seseorang tidak mungkin akan mempunyai sikap setia dan percaya. Aku sangat mencintai ALLAH SWT karena DIAlah Dzat yang menghidupkanku,dan kePADANYAlah tempatku kembali oleh karena itu maka aku sangat yakin dan percaya pada ALLAH SWT, percaya pada apa yang DIA kehendaki semua takdir baik dan buruk adalah dalam KuasaNYA,INSYAALLAH aku ingin menjadi Hamba yang setia kepada ALLAH SWT agar ALLAH SWT pun mencintai aku…..aku yakin dan percaya cinta dan kasih sayang ALLAH SWT akan membawa aku kedalam kedamaian dunia akhirat….tak akan ada yang mampu memberikan kasih sayang yang begitu besar kepadaku kecuali ALLAH SWT. sekalipun itu suamiku.”SETIA DAN PERCAYA PADA ALLAH SWT IT’S NUMBER ONE”.

  18. asih rumiantini said

    cintailah segala sesuatu krn Allah, insyallah akn dpt suami setia.iklas dgn pa yg diberikan Allah buat kita, krn itu yg terbaik buat kita.

  19. kiki rezki effendi said

    saya sangat setuju dengan pamuji… tapi banyak juga dari rekan-rekan yang saya kenal, suami dan istri setia, bercerai karena factor ekonomi.. sementara Allah sudah menjanjikan kepada setiap umatnya tidak akan kelaparan … so..

  20. zie said

    suami saya tak pernah setia…. sepanjang perkahwinan saya sekitar 5 bulan saya adalah segalanya. kemudian saya mula dapat merasai ada sesuatu yang tak kena.dia sentiasa ada wanita lain dalam hidupnya, seandainya dia tidak berhubung secara langsung dia akan berhubung melalui alat komunikasi yang lain, pokoknya dia tak pernah setia. suami saya seorang pensyarah, sekarang dia masih berhubung dengan seorang student UM. bila saya terbaca mesej2 mereka, hancur luluh hati saya. Penuh dengan rayuan dan cumbuan…

  21. Klian said

    emang suami klu sms ama wanita dgn kata2 cumbu, itu nama nya selingkuh, mohon jawaban bagi yg tau jawab nya, terutama yg jawab wanita?.

  22. semua inginkan suami yang setia terhadap isteri…..dan aku harapkan kekal hingga ke akhir hayat hendaknya…amin…

  23. lara said

    suamiku jg setia alias setiap tikungan ada….
    hahahahhahahhhahahahahahahhahahhaha
    aku uda gila dan depresi dibuatnya…………
    wl dia blg maaf maaf maaf dm Allah dm Allah…………….
    tp dia ga ngerasa uda tikam bx2 ke jantungku
    semua cm omong kosong, lidah tak btulang……………………….
    ingin rasanya bunuh dr tp aku bharap msh py masa dpn dg anaku
    OMONG KOSONG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  24. Aku sedang berusaha mnjadi suami setia..
    Kosim nurseha

  25. Rhagyl said

    kesetian harus dijaga…seneng syetan jika ada pasangan yang tidak setia…yang tidak setia hayuuuu donk setia …agar dapat syurga dunia akherat…Aamiin.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.367 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: