Rumahku Surgaku

Keluarga Sakinah Mawaddah wa Rohmah

Lima Belas Cara Membuat Suami Tetap Hangat

Posted by Farid Ma'ruf pada Juni 1, 2007

Baitijannati. Apa yang terjadi jika tidak ada lagi kehangatan antara suami istri? Keduanya mendapati hubungan mereka seakan diselimuti es, dan cinta yang bersemi diawal pernikahan berubah menjadi sesuatu yang dingin. Ungkapan “Rumahku adalah surgaku” menguap entah kemana, dan suasana rumah menjadi rutinitas yang menjemukan dan membosankan.

Keadan semacam ini bisa menimpa siapa saja. Pernikahan layaknya kehidupan memiliki dinamika dan romantika. Kadang suami istri mendapati rumah tangganya berjalan mulus, kerikil yang ada dapat dilewati bersama, dan keduanya meras bahagia dalam kebersamaan mereka. Disaat yang lain kadang muncul perselisihan, yang biasanya disertai dengan kemarahan, kekesalan atau bahkan menimbulkan “perang dingin” diantara keduanya. Disaat yang lain lagi terjadi dimana salah satu dari keduanya atau keduanya dilanda kebosanan dan kejenuhan dalam menjalani rutinitas kehidupan berumah tangga. Kesemua ini adalah manusiawi dan wajar, sepanjang tidak membuat hati keduanya saling jauh.

Adalah Muhammad SAW, seorang manusia pilihan yang menjadi nabi dan rasul untuk seluruh umat manusia dan memiliki kesempurnaan akhlak, tidak luput dari mengalami romantika dan dinamika dalam rumah tangganya. Maka kita membaca bahwa beliau disatu saat pernah berlomba lari dengan istrinya dalam suasana ceria dan bahagia. Disaat lain beliau pernah menghadapi kecemburuan istrinya, bahkan pernah pula gusar, sedih dan kecewa karena permintaan beberapa istrinya dalam masalah nafkah yang menyebabkan beliau sampai berkata, “Aku tidak akan mendatangi mereka selama satu bulan,” (HR Bukhari dan Muslim).

Oleh karenanya jika anda berpikir bahwa pernikahan anda akan berjalan mulus, selalu diliputi kebahagiaan, tidak akan ada perselisihan, tidak akan ada kekesalan dan kemarahan. Maka sesungguhnya anda telah menjadi korban dari angan-angan yang tidak realistis. Dinamika dan romantika adalah sebuah ketetapan Allah SWTatau sunnatullah dalam pernikahan, tidak seorang pun dapat mengubahnya. Karena itu terimalah dinamika dan romantika (termasuk perselisihan) itu menjadi bagian dari rumah tangga anda, yang akan membuat rumah tangga anda menjadi penuh warna. Dari sini kita dapat mengerti bahwa rumah tangga yang bahagia dan harmonis itu bukanlah tanpa ada romantika perselisihan, tetapi yang dapat menyikapi dan menjadikan perselisihan yang ada sebagai bunga-bunga yang memberi warna pada pernikahan.

Selanjutnya untuk mengusahakan pernikahan yang harmonis dan bahagia itu, bisakah perempuan membuat suaminya tetap hangat terhadap dirinya kendati pernikahan itu telah berjalan puluhan atau belasan tahun? Tentu bisa, dengan sedikit usaha dan kesabaran, istri bisa membuat suaminya tetap hangat dan romantis terhadapnya sebagaimana di tahun pertama pernikahan. Tidak percaya?

Cobalah 15 saran berikut ini !
1. Katakan : “Aku mencintaimu”. Siapa bilang laki-laki tidak membutuhkan kata-kata cinta dari istrinya? Katakanlah terus menerus, karena kata-kata itu akan meresap ke dalam jiwanya, menghujam sanubari dan menumbuhkan keyakinan pada dirinya bahwa anda memang sungguh-sungguh mencintainya.

2. Ciumlah suami anda dengan ciuman cinta kasih setiap hari, ini akan menyenangkan dan akan membuatnya merindukan anda.

3. Genggam tanganya dengan lembut disaat-saat tertentu, hal kecil ini mampu menumbuhkan rasa cintanya pada anda.

4. Dengarkanlah dengan mengarahkan seluruh tubuh anda kepadanya ketika ia sedang berbicara. Pandanglah ia dengan lembut dan penuh kasih, untuk menunjukan bahwa anda sunguh-sungguh mendengarkannya.

5. Buatlah kejutan dengan memberikannya hadiah kecil yang bersifat pribadi, misalnya sapu tangan dan kaos kaki.

6. Ekspresikan cinta anda dengan kata-kata dan tubuh anda.

7. Khususkan waktu setiap hari walau hanya sepuluh menit untuk berdua saja dengannya.

8. Tampakanlah semampu anda keindahan penampilan anda ketika suami pulang kerja. Jadikanlah diri anda sebagai sesuatu yang layak dipandang, diperhatikan, dipeluk setelah sepuluh jam ia berada di luar.

9. Buatlah kejutan lembut disaat yang tidak terduga. Karena banyak istri melupakan bahwa pelukan dan ciuman lembut yang tiba-tiba (bukan rutinitas ketika akan berangkat bekerja) dapat menimbulkan perasaan khusus dan kasih sayang suami.

10. Berusahalah memenuhi rumah anda dengan senyum manis yang menyejukan seisi rumah. Silakan anda kesal atau marah, tapi jangan biarkan kemarahan dan kekesalan anda berlarut-larut, sehingga membuat suami anda merasa tidak nyaman berada di rumahnya sendiri.

11. Pahami dan kenali sifat serta karakter suami anda. Berusahalah mencari hal-hal yang membuatnya senang dan bahagia, sebaiknya jangan melakukan hal-hal yang membuat suami anda kesal.

12. Berikan pujian, jika memang suami anda berhak untuk mendapat pujian. Misalnya, “mas ganteng sekali hari ini,” atau ketika ia membantu anda membereskan rumah, “Aduh, suamiku memang lelaki yang paling rajin dan sholeh.”

13. Jangan ragu dan malu untuk menyatakan ketergantungan anda padanya, misalnya, “Alhamdulillah, aku punya suami seperti mas, jadi semua masalah bisa diatasi”.

14. Berusahalah untuk memaafkan jika ia berbuat kesalahan, ungkapkan kekesalan anda dengan wajar, selnjutnya tunjukan cinta dan pengertian anda.

15. Jangan sekali-kali anda lupa untuk mengucapkan terimakasih atas hal-hal kecil yang telah dilakukannya. Ingatlah Rasul kita yang mulia pernah bersabda, “Allah tidak akan memandang kepada perempuan yang tidak berterimakasih pada suaminya padahal ia butuh kepadanya” (HR Hakim) (www.baitijannati.wordpress.com)

 

Tulisan ini pernah dimuat di Majalah Safina no. 6 Tahun 1, Agustus 2003

                       

 

About these ads

40 Tanggapan to “Lima Belas Cara Membuat Suami Tetap Hangat”

  1. ahmadsarwat berkata

    Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    untuk informasi mengenai informasi mengenai keimanan dan Syariat Islam

    http://ahmadsarwat.wordpress.com

    Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    • bangsriscan berkata

      pak bgaimna jika suami berlarut2 menyakiti hati seorang istri? lantas apa yang harus q tunjukkan sikap pdanya?

      • Cuma kasih saran. berkata

        Coba cek kembali di atas, kalau suami anda termasuk orang yang tidak romantis, jangan nekat mengatakan cinta pada nya tiap hari, jangan nekat mengenggam tangannya ketika dia marah. Jangan hanya dia membisu jika ia marah, berikanlah jawaban yang sederhana, terpapar jelas, minta maaflah padanya dan menyatakan betapa anda butuh suami anda.

        Berilah makan yang cukup dan menyenangkan dirinya, jika anda tidak dapat mengatur keuangan tanyalah pada suami anda sebelum bertindak. Hanya bertanya mengapa disakiti hatinya namun mengapa tidak melihat ke dalam “sudahkan saya memberikan yang terbaik untuk suami saya, menuruti perintahnya yang bertujuan baik, dan tidak melakukan apa – apa sendiri tanpa persetujuan suami”. Maaf ibu, kita membina rumah tangga, suami adalah kepalanya, tidak ada kamus emansipasi dalam hal ini.

        Hormati, sayangi dan turuti. Imbalan istri yang mampu membahagiakan suami adalah surga Allah yang mulia. Suami yang baik tidak akan menyakiti anda dengan membawa perempuan lain, namun secara terus menerus memberikan anda perasaan sakit hati ketika melihat sesuatu yang tidak sesuai dengan prinsipnya dengan katanya yang pedas dengan tujuan agar anda mau berubah dan pada saat anda berubah maka tidak akan ada lagi komplain dari anda atau pertanyaan mengapa suami berlarut – larut menyakiti hati seorang istri. Coba cek lagi, kapitalisme dan pola pikir liberal seperti sinetron akan menjerumuskan anda ke arah yang merugikan anak – anak.

  2. Kotarom Minami berkata

    Mudah-mudahan apa yang tertulis bisa di aplikasikan dalamkehidupan sehari, hari…dan khususnya ama istriku, amin. Terimakasih ilmunya

  3. alhamdulillah sebagian sudah bisa dilaksanakan, tapi terkadang tanggapan suami jangan terlalu bergantung sama dia…sehingga aku berpikiran untuk bisa melakukan segala hal sendiri, padahal saling ketergantungan akan membuat hubungan suami istri lebih terikat. tul ga………………

  4. midefa berkata

    alhamdulillah semoga kt dpt belajar untuk lbh mencintai pasangan kita.Amin

  5. EVA berkata

    MAKASIH…………..

  6. pipit berkata

    Alhamdullillah semoga dengan apa yang kita baca dari (www.baitijannati.wordpress.com)kita bisa dapat mengambil hikmah dan agar kita bisa lebih mencintai dan memahami satu sama lain. amiin..

  7. Lia berkata

    allhamdulilah…
    semoga kita sebagai istri yang muslimah bisa bersikap seperti itu.
    syukurilah apa yang udah ada di genggaman kita karena mensyukuri itu adalah nikmat dariNYA

  8. Ery rosita berkata

    alhamdulilah,kadang2 kita bisa pahami dengan teori2 dari buku2 atau internet tapi pas prakteknya bo!susah juga, tapi saya akan mencobanya trimakasih tips-tipsnya amien…….

  9. dio berkata

    tips yang bagus nih..bisa dicoba.mudah2an berhasil!

  10. nur berkata

    alhamdulillah bagus. bisa dicoba.

  11. danisharun berkata

    Assalaamu’alaykum bolehkah saya taut ke blog saya?

    Tanggapan :
    tentu boleh

  12. Ummul Myria-Medina berkata

    subhannallah….makasih banget artikelnya….

    insyaAllah siap menjalankan setiap saat, cuman kalo suami sendiri tidak ada usaha mendekatkan diri kepada kita istrinya, akankah hal ini bisa terlaksana? Melihat komentar mbak Ucu Siti Habibah, begitu pula yang saya hadapi sehari-hari….jadi seperti satu arah aja..

    Ada pencerahan?

    jazzakummullah khairan katsira..

  13. Ria. Mulyanti berkata

    Thanks bgt, aku sebentar lg nikah.
    semoga dapat menjalaninya dengan senyum…

  14. puput berkata

    makasih tas semuanya ya aku akan mencoba dirumah semogah aja bisa membuat senang suami aku amien…………..

  15. atik berkata

    ide bagus…pelan2 saya coba..kalo langsung drastis,keenakan dianya…

  16. unee berkata

    assalamuakaikum….

    tankz bgt ya.. aku usia 20 tahun sudah menikah.. hal diatas sebagian udh saya praktekkan ke suami.

  17. zalina berkata

    bagus artikel nie..untuk keharmonian rumahtangga

  18. pipit wihardiyantoro berkata

    makasih ya… artikelny bagus bgt…

    sangat membantu…

  19. dewi berkata

    bagus jg buat dicoba, tapi kalo kita tinggal berjauhan and sama2 kerja gimana yah? apalagi kalo udah kerja kadang aku suka lupa ama suamiku and dia jadi sering marah karena gak diperhatiin, tapi kalo ku bilang aku kangen dia, dia bilang aku bohong, cuma mau bikin seneng dia aja (“bener sih”), jadi harus gimana yah supaya dia bisa terus di otakku and dapet kepercayaan dia lagi, aku pingin keluargaku harmonis, help yah sarannya, thank you.

  20. tiara h.d berkata

    suami q begitu tulus
    saya pengen nyenengin hatinya setiap saat.
    makasih artikelnya smoga dapat mmbantu

  21. danizidan berkata

    Subhanallah..
    Mohon ijin Share :)

  22. risa novita berkata

    Ass…..
    Artikel_y bgus bnget mbak,, mdh2an tu bsa sgat mmbantu utk suami yg super cuek…

  23. Ummi berkata

    Assalammu’alaikum,

    Artikel di atas adalah usaha istri untuk membuat suami tetap hangat, coba tolong ditampilkan juga artikel sebaliknya, usaha suami untuk membuat istri tetap cinta sehingga tercipta keluarga yang harmonis.

    Terima kasih,
    Wassalammu’alaikum

  24. rini handayani berkata

    alhamdulillah makasih ya uda menyadari aku

  25. ummu hanan berkata

    walau udah jadi penganten lawas..pengen tiap hari kaya pengantin baru…ijin share ya …

  26. claudia berkata

    Artikel ini sangat membantu istri dalam bersikap terhadap suami dan membuat suami makin cinta pada sang istri.

  27. yani berkata

    ijin share di fb saya

  28. alhamdulillah makasih wlpun sy blm menikah tp ni pelajar terbaik untuk di terapkan kedepanx..

  29. intan berkata

    Alhamdulillah jadi tambah ilmu untuk bisa membahagiakan suami untuk mendapat ridhonya.Thanks

  30. Purning berkata

    Saat ini saya dan suami sdang dlm mslah..saya dan suami tnggal brjauhan…trnyta kprcayaan slma ini tlah d khianati suami…dia punya WIL kmrn wkt dia cuti saya ttap brskap sprti biasa mlyani smua kbtuhannya…pakaian dan makan ttap saya sdiakan sprti biasa…ttapi suami skapnya sangat dingin…skit bgt rsanya hati ini…tapi saya ttap brsikap biasa d dpan ank2…bhkan nafkah utk saya dan ank2 pn mulai tdk d brikan lg..saya tak tau hrs bgaimana lg..smga Allah mmbri hidayah pd suami saya…

  31. Noor azizah berkata

    I like it,mg kami bs jalankan tipsnya

  32. asri berkata

    Bgmna klw suami yg sllu cuek dgn ap yg sllu qt beri..?

  33. Suci berkata

    Wah bgus.. Nieh aqu cobA akh.. SemOga suamiku makin cinta dan sayang sama aqu. Amin. Thanks ea

  34. srati berkata

    Saya ingin tetap sayang pada saya.

  35. melinda linda berkata

    q akn menj0b4 tips yg ini

  36. umi qla berkata

    ass. alhamdulillah bbrpa sudah sy jalankan,smoga bs mnjlankan smuanya,amin

  37. Evie Erie R. berkata

    trimakasih… atas tips2nya, ini sangat membntu kluarga kami dr segla permasalahn….

  38. resha lestama berkata

    Gmn cara menghadapi’a klo suami dh minta maaf n mengaku brbuat salah,krn prnh selingkuh.. N mpe skrg msh brhbungan.. Qu gak bsa marah,krn qu sangat mencintai suami qu.. Gak mauu jauh2 dri suami,tp qu gak ikhlas n ridho klo ad wanita lain dhati’a, qu hrus gmn?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.268 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: